Minggu, 04 Januari 2009

DEMO TOLAK PILKADES SINDANG ASIH BERLANJUT KE KANTOR DPRD TASIKMALAYA,


Tasikmalaya,- Hasil pemilihan kepala desa sindangasih, kecamatan cikatomas kabupaten tasikmalaya yang kontroversial yang membuat situasi semakin panas dan malahirkan rasa sentimentil dari pihak-pihak yang merasa tidak puas dengan hasil pemilihan kepala desa tersebut, membuat situasi semakin tidak kondusif dan tidak menentu di desa sindangasih.
Hasil musyawarah, konsolidasi dan sosialisasi hasil pilkades desa sindangasih yang dilakukan muspika kecamatan cikatomas yang dipimpin langsung camat cikatomas Drs.Sunaryo, MM terhadap pihak-pihak yang bertikai tidak membuahkan hasil dan mengalami jalan buntu atau deadlock.tidak adanya keputusan yang pasti ini, membuat sebagian warga desa sindangasih yang menolak hasil pemilihan kepala desa, menggalang dan melakukan aksi masa yang lebih besar dengan melakukan aksi demo, melakukan aksi unjuk rasa datang langsung ke gedung DPRD kabupaten Tasikmalaya.
Dari sebagian kecil warga desa sindangasih yang tidak mengakui hasil pemilihan kepala desa ini,dengan dikawal dari petugas kepolisian sektor cikatomas dan personil koramil cikatomas, melakukan longmarch menuju ke gedung DPRD kabupaten tasikmalaya untuk melakukan demo aksi tolak hasil pilkades, untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada wakil rakyat langsung yang duduk di DPRD kabupaten tasikmalaya,supaya tuntutan mereka dipenuhi.
Masa warga desa sindangasih yang berjumlah 380 orang yang dimobilisasi dengan 7 truk ini, setibanya di halaman gedung DPRD kabupaten tasikmalaya, langsung melakukan orasi antraksial dan meneriakan yel-yel ketidakpuasan mereka yang menolak hasil pemilihan kepala desa mereka sendiri.dalam orasinya, mereka yang tidak mengakui hasil pemilihan kepala desa sindangasih ini,menuntut agar pilkades sindangasih diulang kembali dan dibentuk panitia pilkades yang baru.setelah berorasi, aksi masa yang semakin panas ini meminta untuk masuk ke gedung DPRD dan ingin bertemu langsung dengan ketua DPRD kabupaten tasikmalaya untuk menyampaikan aspirasinya.
Setelah melalui negosiasi dengan pihak aparat kepolisian, masa warga desa sindangasih yang menolak hasil pilkades ini, akhirnya diperbolehkan masuk ke gedung DPRD dan diterima langsung oleh ktua DPRD kabupaten tasikmalaya Uu Rujanul Ulum, didampingi H.Agus Mansyur, ketua Komisi A DPRD kabupaten tasikmalaya dan Heri Bimantoro kepala bagian pembinaan desa dari pemerintahan kabupaten tasikmalaya.dalam tuntutanya yang disampaikan oleh wakil warga sinsangasih yang tidak setuju dengan hasil pilkades, Herdi mismuri meminta agar segera dibentuk pansus untuk mengusut tuntas kecurangan-kecurangan serta penyelewengan terhadap peraturan dalam penyelenggaraan pilkades desa sindang asih, tidak mengakui hasil pilkades yang dilaksanakan pada tanggal 18 desember 2008 sebagai hasil pemilihan yang sah,meminta bupati tasikmalaya untuk tidak melantik calon kepala desa yang terpilih oleh proses yang tidak benar,segera melaksanakan pemilihan ulang kepala desa sindang asih dan segera benahi lembaga-lembaga desa seperti BPD, dan lembaga-lembaga lainya yang tidak berpungsi dengan baik.
Seperti diketahui kilas balik dari ricuh hasil pemilihan kepala desa sindangasih kecamatan cikatomas ini,dipicu dari adanya photo copy surat undangan pemilih dan manipulasi hasil suara yang dilakukan oleh panitia yang pro pemenang,sehingga melahirkan rasa ketidakpuasan dari warga sindangasih yang calonya kalah dan mengklaim menolak hasil pemilihan kepala desa sindangasih.
Pemilihan kepala desa sindangasih ini dilaksanakan pada tanggal 18 desember 2008, diikuti oleh 4 calon kepala desa, yang urutanya [1].Kayat Sunarya, [2]. Oyo Suryo, [3]. Ikin dan [4]. Tatang ,yang merupakan calon incumbent atau calon yang masih menjabat sebagai kepala desa.sedangkan warga desa sindangasih yang mempunyai hak pilih sebanyak 3.318 orang.Dari jumlah warga yang mempunyai hak pilih ini,ternyata suara yang masuk berjumlah 2.777 suara, blanko 5 suara dan 15 suara lainya dinyatakan tidak syah.dari jumlah suara tersebut, hasil penghitungan suara [1] Kayat Sunarya memperoleh 1.338 suara,[2].Oyo Suryo memperoleh suara 324 suara,[3]. Ikin, memperoleh 139 suara dan [4]. Tatang memperoleh 956 suara.Dari hasil akhir perhitungan suara ini, nomor urut [1]. Kayat Sunarya meraih suara terbanyak dan sekaligus memenangkan pemilihan kepala desa sindangasih, kecamatan cikatomas.akan tetapi karena adanya indikasi kecurangan yang dilakukan panitia pemilihan kepala desa yang pro pemenang,membuat sebagian warga desa sindangasih yang calonya kalah, merasa tidak puas dan melahirkan gerakan sentimentil yang mengklaim menolak hasil pemilihan kepala desa sindangasih ini.
Camat kecamatan Cikatomas, Drs. Sunaryo MM mengatakan,’’ aksi masa yang datang hari ini kegedung DPRD kabupaten Tasikmalaya hanyalah sebagian kecil saja dari warga desa sindangasih. Mereka sebenarnya kalau tau lari ke administrasi pemilihan dan menyadari, maka mereka tidak akan melakukan demo ini.karena mereka itu hanya kabar-kabar dan ikut-ikutan, tentunya masalah photo copy ini adalah photo copy surat suara dan bukan photo copy surat undangan untuk memilih.’’tandasnya.
Sunaryo juga menegaskan,’’ nah mereka gak ngerti, hanya dibuat trik-trik sepeti ini agar pemilihan kepala desa di sindangasih ini gagal, yang dibuat dan dilakukan oleh pihak-pihak yang merasa kalah dalam pemilihan kepala desa sindangasih ini.’’tambahnya.[Asep Deni]**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar